Analisa PT Aqua Golden Missisippi Tbk
Sebelum kita mulai masuk ke materi yang akan kita bahas,
pasti kalian sudah tahu kan aqua itu apa? iya aqua itu adalah salah satu merk
air minum dalam kemasan di Indonesia, bahkan sudah menembus pasar dunia yang
pendirinya adalah orang Indonesia, sebelum kita mulai membaca tentang analisa PT
Aqua Golden Missisippi Tbk ini, ada baik nya kita membaca doa dengan
keyakinan masing-masing agar bacaan yang telah kita baca tidak hanya lewat
begitu saja, atau terlupakan setelah dibaca. Jika anda menyimak dan membaca nya
dengan penuh keikhlasan, mudah-mudahan ada manfaat nya bagi kita semua. Sekarang saya akan menjelaskan Apa si itu Aqua? Bagaimana si berdiri nya Aqua
ini? Selamat membaca.
Aqua adalah sebuah merek air minum dalam kemasan (AMDK) yang
diproduksi oleh PT Aqua Golden Mississippi Tbk di Indonesia sejak tahun
1973. Selain di Indonesia, Aqua juga dijual di Malaysia, Singapura, dan
Brunei. Aqua adalah merek AMDK dengan penjualan terbesar di Indonesia
dan merupakan salah satu merek AMDK yang paling terkenal di Indonesia, sehingga
telah menjadi seperti merek generik untuk AMDK. Saat ini, terdapat 14 pabrik
yang memproduksi Aqua dengan kepemilikan berbeda-beda (3 pabrik dimiliki
oleh PT Tirta Investama, 10 pabrik dimiliki oleh PT Aqua Golden Mississippi,
dan pabrik di Brastagi, Sumatera Utara dimiliki oleh PT Tirta Sibayakindo).
Sejak
tahun 1998, Aqua sudah dimiliki oleh perusahaan multinasional dalam
bidang makanan dan minuman asal Perancis, Grup Danone, hasil dari penggabungan
PT Aqua Golden Mississippi dengan Danone.
Aqua Group
didirikan oleh Tirto Utomo (1930-1994), warga asli Wonosobo yang setelah keluar
bekerja dari Pertamina, dan bekerja di Petronas, mendirikan usaha air minum
dalam kemasan (AMDK).
Tirto berjasa besar atas
perkembangan bisnis atau usaha AMDK di Indonesia, karena sebagai seorang pionir
maka Almarhum berhasil menanamkan nilai-nilai dan cara pandang bisnis AMDK di
Indonesia.
Visi :
AQUA telah
menjadi bagian dari keluarga sehat Indonesia lebih selama lebih dari 30 tahun.
Sebagai pelopor air minum dalam kemasan sejak didirikan tahun 1973, kini AQUA
menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari hidup sehat masyarakat Indonesia.
Dulu dan kini, AQUA tetap dan selalu menjadi yang terbesar dan terdepan di
Indonesia. Volume penjualan AQUA merupakan volume penjualan terbesar di dunia
untuk kategori air mineral.
Misi :
AQUA
selalu ingin melakukan program untuk menyehatkan konsumen Indonesia,
diantaranya program AKSI (AQUA untuk Keluarga Sehat Indonesia) dan AuAI (AQUA
untuk Anak Indonesia).
Sejarah
Aqua untuk saat ini merupakan market leader dalam
medan persaingan berbagai produk air mineral di Indonesia. Posisinya yang kuat
disebabkan oleh faktor Aqua sebagai produk air mineral yang pertama kali hadir
di Indonesia serta strategi promosi dan pemasaran yang gencar. Metode promosi
yang digunakan adalah terutama melalui iklan di media elektronik dan cetak,
mensponsori berbagai acara, serta instalasi iklan billboard secara luas.
Dalam pemasarannya, grup distribusi Aqua memiliki jaringan distribusi air mineral yang terluas di Indonesia, yang mana menembus sampai hampir ke setiap sudut kepulauan. Jumlah titik stok (gudang) semakin diperbanyak secara agresif sejak tahun 2005, sehingga mampu menyediakan penetrasi pasar yang lebih luas melalui rantai suplai dan penghantaran. Gudang stok ditempatkan pada area-area yang memiliki outlet retail yang banyak, termasuk pasar tradisional, sehingga setiap gudang dapat melayani masing-masing area geografis dalam waktu yang sesingkat mungkin.
Awal Pendirian
PT Aqua Golden Mississippi didirikan pada tahun 1973
di Indonesia. Ide mendirikan perusahaan AMDK timbul ketika Tirto bekerja
sebagai pegawai Pertamina pada awal tahun 1970-an dan pegawai Petronas pada
awal dekade 1980-an. Ketika itu Tirto bertugas menjamu delegasi sebuah
perusahaan Amerika Serikat. Namun jamuan itu terganggu ketika istri ketua
delegasi mengalami diare yang disebabkan karena mengonsumsi air yang tidak
bersih. Tirto kemudian mengetahui bahwa tamu-tamunya yang berasal dari negara
Barat tidak terbiasa meminum air minum yang direbus, tetapi air yang telah
disterilkan.
Ia dan saudara-saudaranya mulai mempelajari cara memproses air minum dalam kemasan di Bangkok, Thailand, Ia meminta adiknya, Slamet Utomo untuk magang di Polaris, sebuah perusahaan AMDK yang ketika itu telah beroperasi 16 tahun di Thailand. Tidak mengherankan bila pada awalnya produk Aqua menyerupai Polaris mulai dari bentuk botol kaca, merek mesin pengolahan air, sampai mesin pencuci botol serta pengisi air, karena di Indonesia sama sekali tidak ada. Atasan Tirto, Ibnu Sutowo juga mengatakan : "Aneh Tirto iki, banyu banjir kok diobokke dalam botol".
Tirto mendirikan pabrik pertamanya di Pondok Ungu, Bekasi, dan menamai pabrik itu PT Golden Mississippi dengan kapasitas produksi enam juta liter per tahun. Tirto sempat ragu dengan nama PT Golden Mississippi yang meskipun cocok dengan target pasarnya, ekspatriat, namun terdengar asing di telinga orang Indonesia. Sebelum bernama Aqua, dahulu bernama Puritas (nama lain dari Pure Artesian Water), yang berlogo daun semanggi. Tetapi, Eulindra Lim, mengusulkan untuk menggunakan nama Aqua karena cocok terhadap imej air minum dalam botol serta tidak sulit untuk diucapkan. Ia setuju dan mengubah merek produknya dari Puritas menjadi Aqua, karena kata Puritas sulit diucapkan. Dua tahun kemudian, produksi pertama Aqua diluncurkan dalam bentuk kemasan botol kaca ukuran 950 ml dengan harga jual Rp.75, hampir dua kali lipat harga bensin yang ketika itu bernilai Rp.46/liter.
Struktur Organisasi PT Aqua Golden Missisippi Tbk
Uraian Pekerjaan :
1. Dewan Komisaris
-
melakukan pengawasan atas jalannya
usaha PT dan memberikan nasihat kepada direktur
-
dalam melakukan tugas, dewan direksi
berdasarkan kepada kepentingan PT dan sesuai dengan maksud dan tujuan PT.
-
kewenangan khusus dewan komisaris,
bahwa dewan komisaris dapat diamanatkan dalam anggaran dasar untuk melaksanakan
tugas-tugas tertentu direktur, apabila direktur berhalangan atau dalam keadaan
tertentu
2.
Direktur Utama
-
memimpin perusahaan dengan
menerbitkan kebijakan-kebijakan perusahaan
-
memilih, menetapkan, mengawasi tugas
dari karyawan dan kepala bagian (manajer)
-
menyetujui anggaran tahunan
perusahaan
-
menyampaikan laporan kepada pemegang
saham atas kinerja perusahaan
3.
Direktur Keuangan Finance &
Accounting
-
Mengelola fungsi akuntansi dalam memproses data
dan informasi keuangan untuk menghasilkan laporan keuangan yang dibutuhkan
perusahaan secara akurat dan tepat waktu.
-
Mengkoordinasikan dan mengontrol perencanaan, pelaporan
dan pembayaran kewajiban pajak perusahaan agar efisien, akurat, tepat waktu,
dan sesuai dengan peraturan pemerintah yang berlaku.
-
Merencanakan, mengkoordinasikan dan mengontrol
arus kas perusahaan (cashflow), terutama pengelolaan piutang dan hutang,
sehingga memastikan ketersediaan dana untuk operasional perusahaan dan
kesehatan kondisi keuangan.
-
Merencanakan dan mengkoordinasikan penyusunan
anggaran perusahaan, dan mengontrol penggunaan anggaran tersebut untuk
memastikan penggunaan dana secara efektif dan efisien dalam menunjang kegiatan
operasional perusahaan.
-
Merencanakan dan mengkoordinasikan pengembangan
sistem dan prosedur keuangan dan akuntansi, serta mengontrol pelaksanaannya
untuk memastikan semua proses dan transaksi keuangan berjalan dengan tertib dan
teratur, serta mengurangi risiko keuangan.
-
Mengkoordinasikan dan melakukan perencanaan dan
analisa keuangan untuk dapat memberikan masukan dari sisi keuangan bagi
pimpinan perusahaan dalam mengambil keputusan bisnis, baik untuk kebutuhan
investasi, ekspansi, operasional maupun kondisi keuangan lainnya
-
Merencanakan dan mengkonsolidasikan perpajakan
seluruh perusahaan untuk memastikan efisiensi biaya dan kepatuhan terhadap
peraturan perpajakan
4.
Direktur Pemasaran Sales &
Marketing
-
Menentukan harga jual, produk yang akan
dilaunching, jadwal kunjungan serta system promosi untuk memastikan tercapainya
target penjualan
-
Memonitor perolehan order serta merangkumkan
forecast untuk memastikan kapasitas produksi terisi secara optimal
-
Memonitor jumlah stock seluruh Dept. Sales &
Marketing untuk memastikan umur stock perusahaan tidak melebihi target yang
telah ditentukan.
-
Menganalisa dan mengembangkan strategi marketing
untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan area sesuai dg target yang ditentukan
-
Menganalisa dan memberikan arah pengembangan
design & warna, untuk memastikan pengembangan produk sesuai dengan
kebutuhan pasar
-
Melakukan evaluasi kepuasan pelanggan dari hasil
survey seluruh sales team untuk memastikan tercapainya target kepuasan
pelanggan yang ditentukan
-
Menerapkan budaya, sistem, dan peraturan intern
perusahaan serta menerapkan manajemen biaya, untuk memastikan budaya perusahaan
dan sistem serta peraturan dijalankan dengan optimal.
5.
Direktur Personalia
-
Merencanakan perekrutan
karyawan sesuai dengan kebutuhan masing-masing departemen.
-
Mengatur kegiatan yang
berhubungan dengan karyawan dan menciptakan suasana kerja yangnyaman dan
berdisiplin.
-
Menampung dan mencari
keluhan karyawan.
-
Mengatur dan
merencanakan training untuk peningkatan ketrampilan karyawan.
-
Bertanggungjawab
terhadap disiplin kerja karyawan.
6.
Direktur Produksi
-
Mengendalikan
semua proses produksi perusahaan.
-
Mengontrol
jalannya proses produksi.
-
Bertanggung
jawab atas kelancaran proses produksi.
-
Bertanggung
jawab atas hasil produksi.
Unsur – unsur Organisasi
PT. Aqua Golden Missisippi Tbk memiliki
banyak unsur dalam pengorganisasiannya terutama Manusia, kerjasama, tujuan
bersama, peralatan, dan lingkungan. Banyaknya divisi-divisi yang ada
mencerminkan unsur manusia didalamnya. Struktur organisasi perusahaan ini yang
bersifat spesialis dan menyebar, menandakan kerjasama yang sangat erat dan
saling berkaitan satu dengan yang lainnya sehingga dapat melancarkan perusahaan
untuk mencapai visi dan misi serta tujuan bersama.
Teori Organisasi
PT. Aqua
Golden Missisippi merupakan perusahaan yang memiliki banyak divisi dan
pembagian tugas yang merata. Mereka saling membangun satu dengan yang lainnya
yang bermaksud tercapainya tujuan bersama. Kekurangan fungsi suatu divisi,
berarti pengurangan kualitas dan penurunan target dan strategi. Sehingga dapat
dikatakan perusahaan ini tergolong terori organisasi modern.
Macam macam Organisasi Dari Segi Tujuan
Tujuan
organisasi merupakan penjabaran atau implementasi dari pernyataan misi dan juga
merupakan sesuatu apa yang akan dicapai atau dihasilkan pada kurun waktu
tertentu dalam suatu organisasi / perusahaan. Tujuan juga dirumuskan dalam dua
bentuk yaitu tujuan jangka pendek dan tujuan jangka panjang. Perbedaan kedua
terletak dalam waktu pencapaian dan cara penulisannya. Tujuan jangka pendek
biasanya lebih spesifik dibandingkan jangka panjang.
Sumber : www.aqua.com
Sumber : www.aqua.com
kasih sumbernya jangan lupa
BalasHapus