PT Media Nusantara Citra Tbk (MNC)
KATA PENGANTAR
Puji dan Syukur saya panjatkan ke Hadirat Tuhan Yang Maha
Esa, karena berkat limpahan Rahmat dan Karunia-nya sehingga saya dapat menyusun
makalah ini dengan baik dan tepat pada waktunya. Dalam makalah ini saya
membahas salah satu perusahaan multimedia, yaitu PT Media Nusantara Citra Tbk
(MNC)
Saya
menyadari bahwa masih banyak kekurangan yang mendasar pada makalah ini. Oleh
karena itu saya mengundang pembaca untuk memberikan saran serta kritik yang
dapat membangun kami. Kritik konstruktif dari pembaca sangat saya harapkan
untuk penyempurnaan makalah selanjutnya. Akhir kata semoga makalah ini dapat
memberikan manfaat bagi kita sekalian.
Jakarta, 28 Mei 2015
Saifuddin Rahman
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Organisasi
merupakan suatu
pola kerja sama antara orang-orang yang terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang
saling berhubungan untuk mencapai tujuan tertentu.Wexlwy and Yulk (dalam Kasim,
1993 : 1)
Penentuan desain organisasi yang
tepat dan pemilihan tipe struktur organisasi yang sesuai akan membawa dampak
positif bagi kemajuan perusahaan sehingga kepuasan pemegang saham dan
stakeholder terjamin.
1.2 PERUMUSAN MASALAH
Desain dan struktur organisasi
merupakan hal mendasar yang akan membawa bagaimana organisasi akan berjalan.
Maka penting kiranya ditentukan sebuah desain dan struktur organisasi yang
tepat. Hal – hal yang menjadi pertimbangan untuk penentuan tersebut seperti
kondisi internal dan eksternal perusahaan, sosial dan budaya perusahaan yang
sudah ada beserta arah dan tujuan perusahaan.
1.3 TUJUAN
Tujuan pembahasan ini adalah :
1. Memberikan gambaran tentang
dimensi struktur organisasi yang diterapkan di MNC
2. Menentukan departementalisasi
yang sesuai di MNC
3. Menunjukkan model desain
organisasi yang diterapkan di MNC
4. Memberikan gambaran implikasi
manajerial desain dan struktur organisasi yang ada di MNC
BAB II
LANDASAN TEORI
Organisasi adalah sekelompok orang
yang terbiasa mematuhi perintah para pemimpinnya dan yang tertarik pada
kelanjutan dominasi partisipasi mereka dan keuntungan yang dihasilkan, yang
membagi diantara mereka praktek-praktek dari fungsi tersebut yang siap melayani
untuk praktek mereka (Max Weber, dalam Miftah Thoha,1988)
Organisasi dapat didefinisikan sebagai
struktur hubungan kekuasaan dan kebiasaan orang-orang dalam suatu sistem
administrasi (Dwight Waldo, dalam Thoha, 1988)
Organisasi sebagai suatu kesatuan
sosial dari kelompok manusia, yang saling berinteraksi menurut suatu pola
tertentu sehingga setiap anggota organisasi memilikifungsi dan tugasnya
masing-masing, yang sebagai suatu kesatuan mempunyai tujuan tertentu dan
mempunyai batas-batas yang jelas, sehingga bisa dipisahkan secara tegas dari
lingkungannya (Hary Lubis dan Martani Huseini, 1987 :1)
Dimensi dan Indikator Struktur Organisasi
Adapunindikator
mengenai Struktur Oraganisasi menurut Stephen Robbins (2008: 215-224) adalah
sebagai berikut :
Spesialisasi:
Spesialisai kerja maksudnya sampai tingkat mana
tugas dalam organisasi dipecah -pecah menjadi pekerjaan yang terpisah.
Hakikatnya, bahwa bukan keseluruhanpekerjaan dilakukan oleh satu individu,
seluruh pekerjaan itu dipecah-pecah menajdi sejumlah langkah, dengan tiap langkah
diselesaikan oleh individu yang berlainan. Jadi, individu–individu
berspesialisasi dalam mengerjakan bagian kegiatan tertentu, bukan mengerjakan
seluruh kegiatan.
Departementalisasi:
Departementalisasi adalah dasar yang dipakai untuk
mengelompokkan pekerjaan sehingga tugas yang sama atau mirip dapat
dokoordinasikan. Keunggulan utama dari tipe pengelompokkan yang sama itu adalah
tercapainya efisiensi dengan mengumpulkan spesialisasi yang sama. Departementalisasi
fungsional mengusahakan tercapainya skala ekonomi dengan menempatkan orang
dengan keterampilan dan orientasi yang sama menempatkan ke dalam unit –unit
bersama.
Rantai Komando :
Rantai
komando merupakan garis wewenang yang tidak terputus yang terentang dari puncak
organisasi ke eselon terbawah dan memperjelas siapa yang melapor ke siapa. Ada
dua konsep komplementer rantai komando, yaitu sebagai berikut:
a. Wewenang, yaitu : hak –hak yang
melekat dalam posisi manajerial untuk member perintah dan mengharapkan agar
perintah itu dipatuhi.
Rentang Kendali:
Rentang kendali adalah banyaknya
bawahan yang dapat diatur secara efektif dan efisiensi. Rentang kendali sangat menentukan
banyaknya tingkat dan manajer yang harus dimiliki oleh organisai.
Sentralisasi dan Desentralisasi
Sentralisasi adalah tingkat dimana pengambilan
keputusan dipusatkan pada titik tunggal dalam organisasi. Hal ini mencakup hal –hal
yang melekat dalam organisasi seseorang. Organisasi tersentralisasi jika manajemen
puncak mengambil keputusan utama organisasi dengan sedikit atau tanpa masukan
dari personil tingkat lebih bawah. Namun jika banyak dari personil tingkat
bawah memberikan masukan atau sebenarnya diberi keleluasaan untuk mengambil
keputusan maka ada desentralisasi.
Formalisasi:
Formalisasi adalah tingkat dimana pekerjaan
dalam organisasi itu dibakukan. Jika pekerjaan sangat diformalkan. Pelaksanaan
pekerjaan itu mempunyai kuantitas kelelu asaan yang minimum mengenai apa yang harus
dikerjakan. Dimana terdapat formalisasi yang tinggi, di situ terdapat 19 uraian
jabatan yang tersurat, banyak aturan organisasi, dan prosedur yang terdefinisi
dengan jelas yang meliputi proses kerja dalam organisasi. Dimana formalisasi
itu rendah, perilaku kerja relative tidak terprogram dan para pegawai mempunyai
banyak kebebasan untuk menjalankan keleluasaan dalam kerja.
Berdasarkan
indikator –indikator yang diuraikan diatas maka dalam penelitian ini penulis
menggunakan indikator mengenai Struktur Organisasi menurut Stephen Robbins.
BAB III
PEMBAHASAN
Bidang Usaha
Bidang Usaha yang dirintis oleh PT Media Nusantara Citra Tbk (MNC) adalah sebagai perusahaan multimedia yang sampai saat ini masih mengudara dan menyiarkan media di televisi, radio, majalah dan lain-lain.
Produk / Jasa yang Dihasilkan
1. RCTI
2. MNCtv
3. Global tv
4. iNews tv
5. Koran Sindo
6. Sindo Trijaya fm
7. Sindonews.com
8. Genie
9. Mom & Kiddie
10. Just for Kids
11. Highend
12. Highend Teen
13. MNC Shop
Struktur Organisasi
Boards and Directors
Group President & CEO : Hary Tanoesoedibjo
Direktur : Kanti Mirdiati Imansyah
Direktur : Priscilla Diana Airin
Direktur : Faisal Dharma Setiawan
Direktur : Ella Kartika
Direktur : Gwenarti Setiadi
Direktur Independen : Charlie Kasim
Board Of Commisioner
Komisaris Utama : Rosano Barack
Komisaris : Bambang Rudijanto Tanoesoedibjo
Komisaris : Adam Chesnoff
Komisaris Independen : Irman GusmanKomisaris Independen : Drs.Sutanto
Visi & Misi
Visi
Menjadi grup media dan multimedia yang terintegrasi, dengan fokus pada penyiaran televisi dan konten berkualitas yang disiarkan melalui teknologi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan pasar.
Misi
Memberikan konsep hiburan keluarga terlengkap dan menjadi sumber berita dan informasi terpercaya di Indonesia.
Menjadi grup media dan multimedia yang terintegrasi, dengan fokus pada penyiaran televisi dan konten berkualitas yang disiarkan melalui teknologi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan pasar.
Misi
Memberikan konsep hiburan keluarga terlengkap dan menjadi sumber berita dan informasi terpercaya di Indonesia.
BAB IV
PENUTUP
Kesimpulan
PT Media Nusantara Citra Tbk merupakan perusahaan multimedia yang sampai sekarang masih menyiarkan saluran-saluran yang gratis untuk publik maupun prabayar, dimana multimedia ini menyediakan program-program untuk masyarakat dari kalangan anak-anak sampai kalangan dewasa.
Untuk struktur organisasi, sudah jelas bahwa MNC menerapkan sistem Direksi, beserta Komisaris-komisaris diatas.
Saran
Penulisan ini masih jauh dari kata sempurna. Jika memang
dilakukan penelitian tentang hal ini kembali maka perlu dilakukan dengan lebih
dalam lagi.
BAB V
DAFTAR PUSTAKA
https://www.academia.edu/5220889/Perilaku-organisasi
http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/607/jbptunikompp-gdl-fanypratiw-30302-10-unikom_f-i.pdf
http://mnc.co.id/businesses/freetoair/id
http://mnc.co.id/businesses/sindomedia/id
http://mnc.co.id/businesses/others/id#content
http://mnc.co.id/about-us/id
http://mnc.co.id/bod/id#content
http://mnc.co.id/boc/id#content
Komentar
Posting Komentar