PT Media Nusantara Citra Tbk (MNC)






 KATA PENGANTAR
                Puji dan Syukur saya panjatkan ke Hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat limpahan Rahmat dan Karunia-nya sehingga saya dapat menyusun makalah ini dengan baik dan tepat pada waktunya. Dalam makalah ini saya membahas salah satu perusahaan multimedia, yaitu PT Media Nusantara Citra Tbk (MNC)
                Saya menyadari bahwa masih banyak kekurangan yang mendasar pada makalah ini. Oleh karena itu saya mengundang pembaca untuk memberikan saran serta kritik yang dapat membangun kami. Kritik konstruktif dari pembaca sangat saya harapkan untuk penyempurnaan makalah selanjutnya. Akhir kata semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi kita sekalian.

Jakarta, 28 Mei 2015


Saifuddin Rahman


BAB I
PENDAHULUAN 
1.1 LATAR BELAKANG

               Organisasi  merupakan suatu pola kerja sama antara orang-orang yang terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang saling berhubungan untuk mencapai tujuan tertentu.Wexlwy and Yulk (dalam Kasim, 1993 : 1)
               Penentuan desain organisasi yang tepat dan pemilihan tipe struktur organisasi yang sesuai akan membawa dampak positif bagi kemajuan perusahaan sehingga kepuasan pemegang saham dan stakeholder terjamin.

1.2 PERUMUSAN MASALAH 

               Desain dan struktur organisasi merupakan hal mendasar yang akan membawa bagaimana organisasi akan berjalan. Maka penting kiranya ditentukan sebuah desain dan struktur organisasi yang tepat. Hal – hal yang menjadi pertimbangan untuk penentuan tersebut seperti kondisi internal dan eksternal perusahaan, sosial dan budaya perusahaan yang sudah ada beserta arah dan tujuan perusahaan. 

1.3 TUJUAN

 Tujuan pembahasan ini adalah :



1. Memberikan gambaran tentang dimensi struktur organisasi yang diterapkan di MNC

2. Menentukan departementalisasi yang sesuai di MNC

3. Menunjukkan model desain organisasi yang diterapkan di MNC

4. Memberikan gambaran implikasi manajerial desain dan struktur organisasi yang ada di MNC


BAB II
LANDASAN TEORI

Organisasi adalah sekelompok orang yang terbiasa mematuhi perintah para pemimpinnya dan yang tertarik pada kelanjutan dominasi partisipasi mereka dan keuntungan yang dihasilkan, yang membagi diantara mereka praktek-praktek dari fungsi tersebut yang siap melayani untuk praktek mereka (Max Weber, dalam Miftah Thoha,1988)
Organisasi dapat didefinisikan sebagai struktur hubungan kekuasaan dan kebiasaan orang-orang dalam suatu sistem administrasi (Dwight Waldo, dalam Thoha, 1988)
Organisasi sebagai suatu kesatuan sosial dari kelompok manusia, yang saling berinteraksi menurut suatu pola tertentu sehingga setiap anggota organisasi memilikifungsi dan tugasnya masing-masing, yang sebagai suatu kesatuan mempunyai tujuan tertentu dan mempunyai batas-batas yang jelas, sehingga bisa dipisahkan secara tegas dari lingkungannya (Hary Lubis dan Martani Huseini, 1987 :1)

          

Dimensi dan Indikator Struktur Organisasi

Adapunindikator mengenai Struktur Oraganisasi menurut Stephen Robbins (2008: 215-224) adalah sebagai berikut :

Spesialisasi:
                Spesialisai kerja maksudnya sampai tingkat mana tugas dalam organisasi dipecah -pecah menjadi pekerjaan yang terpisah. Hakikatnya, bahwa bukan keseluruhanpekerjaan dilakukan oleh satu individu, seluruh pekerjaan itu dipecah-pecah menajdi sejumlah langkah, dengan tiap langkah diselesaikan oleh individu yang berlainan. Jadi, individu–individu berspesialisasi dalam mengerjakan bagian kegiatan tertentu, bukan mengerjakan seluruh kegiatan.

Departementalisasi:
                Departementalisasi adalah dasar yang dipakai untuk mengelompokkan pekerjaan sehingga tugas yang sama atau mirip dapat dokoordinasikan. Keunggulan utama dari tipe pengelompokkan yang sama itu adalah tercapainya efisiensi dengan mengumpulkan spesialisasi yang sama. Departementalisasi fungsional mengusahakan tercapainya skala ekonomi dengan menempatkan orang dengan keterampilan dan orientasi yang sama menempatkan ke dalam unit –unit bersama.



Rantai Komando :
Rantai komando merupakan garis wewenang yang tidak terputus yang terentang dari puncak organisasi ke eselon terbawah dan memperjelas siapa yang melapor ke siapa. Ada dua konsep komplementer rantai komando, yaitu sebagai berikut:

a. Wewenang, yaitu : hak –hak yang melekat dalam posisi manajerial untuk member perintah dan mengharapkan agar perintah itu dipatuhi.

b. Kesatuan komando, yaitu : bawahan harusnya mempunyai satu atasan yang kepadanya ia bertanggung jawab langsung.

Rentang Kendali: 
                Rentang kendali adalah banyaknya bawahan yang dapat diatur secara efektif dan efisiensi. Rentang kendali sangat menentukan banyaknya tingkat dan manajer yang harus dimiliki oleh organisai.  


Sentralisasi dan Desentralisasi
                Sentralisasi adalah tingkat dimana pengambilan keputusan dipusatkan pada titik tunggal dalam organisasi. Hal ini mencakup hal –hal yang melekat dalam organisasi seseorang. Organisasi tersentralisasi jika manajemen puncak mengambil keputusan utama organisasi dengan sedikit atau tanpa masukan dari personil tingkat lebih bawah. Namun jika banyak dari personil tingkat bawah memberikan masukan atau sebenarnya diberi keleluasaan untuk mengambil keputusan maka ada desentralisasi.


Formalisasi:
                Formalisasi adalah tingkat dimana pekerjaan dalam organisasi itu dibakukan. Jika pekerjaan sangat diformalkan. Pelaksanaan pekerjaan itu mempunyai kuantitas kelelu asaan yang minimum mengenai apa yang harus dikerjakan. Dimana terdapat formalisasi yang tinggi, di situ terdapat 19 uraian jabatan yang tersurat, banyak aturan organisasi, dan prosedur yang terdefinisi dengan jelas yang meliputi proses kerja dalam organisasi. Dimana formalisasi itu rendah, perilaku kerja relative tidak terprogram dan para pegawai mempunyai banyak kebebasan untuk menjalankan keleluasaan dalam kerja.

               Berdasarkan indikator –indikator yang diuraikan diatas maka dalam penelitian ini penulis menggunakan indikator mengenai Struktur Organisasi menurut Stephen Robbins.


BAB III
PEMBAHASAN
  
 Bidang Usaha
                Bidang Usaha yang dirintis oleh PT Media Nusantara Citra Tbk (MNC) adalah sebagai perusahaan multimedia yang sampai saat ini masih mengudara dan menyiarkan media di televisi, radio, majalah dan lain-lain.

Produk / Jasa yang Dihasilkan
1. RCTI
2. MNCtv
3. Global tv
4. iNews tv
5. Koran Sindo
6. Sindo Trijaya fm
7. Sindonews.com
8. Genie
9. Mom & Kiddie
10. Just for Kids
11. Highend
12. Highend Teen
13. MNC Shop

Struktur Organisasi

 



 



Boards and Directors
Group President & CEO : Hary Tanoesoedibjo

Direktur : Kanti Mirdiati Imansyah
Direktur : Priscilla Diana Airin
Direktur : Faisal Dharma Setiawan
Direktur : Ella Kartika
Direktur : Gwenarti Setiadi
Direktur Independen : Charlie Kasim

Board Of Commisioner

Komisaris Utama : Rosano Barack




Komisaris : Bambang Rudijanto Tanoesoedibjo



Komisaris : Adam Chesnoff
Komisaris Independen : Irman Gusman

Komisaris Independen : Drs.Sutanto




 
Visi & Misi
Visi
Menjadi grup media dan multimedia yang terintegrasi, dengan fokus pada penyiaran televisi dan konten berkualitas yang disiarkan melalui teknologi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Misi
Memberikan konsep hiburan keluarga terlengkap dan menjadi sumber berita dan informasi terpercaya di Indonesia.



BAB IV
PENUTUP
 
Kesimpulan
               PT Media Nusantara Citra Tbk merupakan perusahaan multimedia yang sampai sekarang masih menyiarkan saluran-saluran yang gratis untuk publik maupun prabayar, dimana multimedia ini menyediakan program-program untuk masyarakat dari kalangan anak-anak sampai kalangan dewasa.
               Untuk struktur organisasi, sudah jelas bahwa MNC menerapkan sistem Direksi, beserta Komisaris-komisaris diatas.

Saran

                Penulisan ini masih jauh dari kata sempurna. Jika memang dilakukan penelitian tentang hal ini kembali maka perlu dilakukan dengan lebih dalam lagi.


 BAB V
DAFTAR PUSTAKA

 https://www.academia.edu/5220889/Perilaku-organisasi
http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/607/jbptunikompp-gdl-fanypratiw-30302-10-unikom_f-i.pdf
 http://mnc.co.id/businesses/freetoair/id
http://mnc.co.id/businesses/sindomedia/id
http://mnc.co.id/businesses/others/id#content
http://mnc.co.id/about-us/id
http://mnc.co.id/bod/id#content
http://mnc.co.id/boc/id#content
 
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisa PT Aqua Golden Missisippi Tbk

Menyimpan Harta dan Kesehatan Kepada Sebuah Perusahaan