Tugas Pengantar Telematika 1



1.     Jelaskan peranan Telematika dalam penyampaian informasi dalam kehidupan sehari-   hari! Berikan contohnya dalam bidang pendidikan!
2.     Sebutkan dan jelaskan komponen-komponen apa saja yang menunjang layanan telematika!
3.     Sebutkan hal-hal apa saja yang didapat dari perkembangan layanan telematika, jelaskan!
4.     Bagaimana menghindari dampak negatif dari perkembangan telematika? Jelaskan!
Jawab :

1.       Peranan telematika dalam kehidupan sehari-hari


Di jaman di era digital ini, semua teknologi berkembang semakin pesat. Begitu pula pada penyampaian informasi, semua sudah serba digital. Peranan telematika dalam penyampaian informasi dalam kehidupan sehari-hari adalah Telematika merupakan teknologi komunikasi jarak jauh, yang menyampaikan informasi satu arah, maupun timbal balik, dengan sistem digital. Yang termasuk dalam telematika ini adalah layanan dial up ke Internet maupun semua jenis jaringan yang didasarkan pada sistem telekomunikasi untuk mengirimkan data. Dengan adanya internet, kita bisa mendapatkan informasi dalam waktu sekejap, atau terbilang cepat. Sudah tidak diragukan lagi kegunaan internet dalam kehidupan, sudah pasti sangat berguna.
Contoh perananan Telematika pada bidang pendidikan :
E-Book
E-Book atau buku elektronik merupakan buku yang dapat dibuka secara elektronik menggunakan komputer. Dengan adanya E-Book ini, masyarakat bisa membaca buku tanpa harus mempunyai buku tersebut. Cukup dengan media komputer, masyarakat bisa membaca bahkan mempelajari apa yang ada di dalam buku tersebut yang pastinya sudah tersedia, dan pastinya sangat praktis karena tidak memakan tempat untuk menyimpannya seperti buku pada umumnya.

2.       Komponen-komponen yang menunjang layanan Telematika

Computing

adalah system pengolah data/informasi sehingga data/informasi tersebut dapat dinikmati dan berguna bagi orang. Tanpa adanya computing yang baik maka data/informasi tersebut hanya akan menjadi data sampah yang tidak berguna bagi siapa saja. Sebaliknya dengan computing yang baik, maka data/informasi tersebut akan menjadi buruan setiap orang di dunia ini.

Content

adalah sebuah data/informasi yang mendukung telematika, tanpa adanya content telematika hanyalah seperti sebuah piring kosong yang tidak ada fungsinya yang disimpan di dalam lemari. Dengan adanya content sebuah piring kosong tersebut akan bisa digunakan orang dan dapat berguna untuk masyarakat luas.

Community

adalah masyarakat pengguna telematika itu sendiri. Dengan adanya community, telematika dapat menjadi sesuatu yang berguna sesuai fungsi dan tujuan telematika diciptakan. Dengan community juga bisa mendorong perkembangan telematika karena pada dasarnya kebutuhan orang semakin hari akan semakin meningkat dan untuk mewujudan kebutuhan yang semakin meningkat tersebut dibutuhkan teknologi telematika yang lebih advance.

Communication

adalah system komunikasi yang memungkinkan telematika dapat dinikmati oleh masyarakat luas. Tanpa komponen ini telematika hanya bisa menjadi wacana/teori yang diseminarkan saja. Dengan dukungan komponen ini, telematika dapat hadir di tengah-tengah masyarakat dan dimanfaatkan dengan maksimal.

3.       Hal-hal yang didapat dari perkembangan Telematika
  •          Dapat memulai bisnis melalui internet, seperti online shop dan lain-lain.       
  •   Membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat.      
  •  Penghematan waktu, dengan menggunakan layanan telematika ini, masyarakat dapat dimudahkan dengan bisa mendapat informasi menjadi lebih cepat. Contohnya dengan menggunakan email, masyarakat dapat mengirim pesan dan sampai dengan waktu yang singkat dibandingkan harus menulis surat serta menunggu pos untuk mengirim pesan tersebut. 
  •  Rekruitment Tenaga Kerja, tidak sedikit perusahaan mengumumkan pembukaan lowongan kerja pada laman website mereka, dengan teknologi telematika ini, perusahaan bisa mendapatkan pekerja dengan cepat hanya dengan mengiklankan berita lowongan pekerjaan pada laman website perusahaan tersebut, dan bisa juga menggunakan layanan pencari pekerja seperti karir.com, jobstreet.com, dan lain-lain.     
  •    Sarana promosi bisnis, tidak jarang memang pelaku bisnis online shop di Indonesia ini. Banyak juga dari mereka yang hanya mempunyai usaha rumahan, namun ingin menjual ke berbagai tempat di Indonesia, melalui sarana ini, mereka dapat mengiklankan / mempromosikan produk mereka kepada rekan-rekan melalui sosial media.



4.       Menghindari dampak negatif dari perkembangan telematika

  •          Waspada & Berhati-hati, pada jaman yang serba digital ini kita juga harus sangat waspada dengan apa yang kita lakukan. Tidak sedikit memang kasus penipuan yang terjadi menggunakan teknologi ini. Contohnya jangan mudah percaya jika kita berbelanja menggunakan via online shopping, lihat terlebih dahulu profil penjual maupun testimoni yang dilakukan oleh online shop tersebut.
 

  •          Jangan mudah percaya, Hal ini sangat sering terjadi apalagi jika kita menggunakan fasilitas sosial media. Banyak sekali pemberitaan yang muncul pada tampilan utama kita, tidak banyak juga berita tersebut yang hoax atau tidak bisa terbukti kebenarannya.


  •          Self Filtering, Ini artinya kita diharapkan bisa menyaring sendiri informasi-informasi yang bertebaran di internet mana yang boleh kita akses atau mana yang tidak boleh/perlu kita akses.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisa PT Aqua Golden Missisippi Tbk

PT Media Nusantara Citra Tbk (MNC)

Menyimpan Harta dan Kesehatan Kepada Sebuah Perusahaan