Tugas 2 Pengantar Telematika


SOAL:
  1. Jelaskan peranan jaringan komputer yang berkaitan dengan bagian telekomunikasi pada layanan telematika!
  1. Sebutkan dan jelaskan aplikasi apa saja yang bermunculan dengan semakin luasnya jangkauan telekomunikasi dan semakin banyaknya perangkat telekomunikasi!
  1. Berikan contoh proses yang berkaitan dengan arsitektur client-server dan arsitektur peer-to-peer pada layanan telematika!

JAWAB :

1.  Perananan jaringan komputer pada layanan telematika sangatlah penting untuk telekomunikasi, dimana kita dapat mengakses sistem telematika secara bersamaan. Dibalik itu, kebutuhan informasi untuk masyarakat juga akan terpenuhi karena mudahnya berhubungan dengan orang lain dari berbagai daerah, entah luar negri maupun dalam negri. Manfaat Peranan jaringan komputer pada bagian telekomunikasi antara lain :

a)      Membantu Seseorang untuk berkomunikasi dengan orang lain secara live (langsung pada saat itu juga) dengan mudah dari berbagai daerah bahkan berbeda negara.
b)      Dapat membantu masyarakat untuk mengirimkan dan menerima informasi dengan cepat.
c)      Mendukung untuk berbagi (share) data yang mungkin diperlukan oleh sebagian orang dalam berbagai macam hal, contoh nya edukasi.

2.    Aplikasi yang bermunculan dengan semakin meluasnya jangkauan telekomunikasi dan semakin banyak nya perangkat telekomunikasi adalah :

a)      Google Drive, adalah sebagai sharing media atau media berbagi file atau dokumen secara online yang dapat diambil atau ditambah kapan saja dan dimana saja.

b)      Bukalapak, adalah sebagai situs e-commerce jual beli online yang sudah menerapkan perkembangan teknologi yang dimana proses transaksi jual beli dilakukan oleh 3pihak, yaitu Penjual, pihak bukalapak, lalu pembeli. Aplikasi ini sudah menggunakan sistem transfer secara otomatis yang dimana dapat terdeteksi ketika kita sudah melakukan pembayaran, kemudian dilanjutkan kepada penjual untuk mengirim barang yang dibeli oleh pembeli tersebut, kemudian dana akan diteruskan kepada penjual demi terlaksananya keamanan bertransaksi.

c)      Youtube, adalah situs berbagi video yang dimana pengguna dapat memuat, menonton dan berbagi video secara gratis. Tidak hanya itu, Youtube juga sudah menerapkan hak cipta kepada setiap pembuat video yang nantinya bisa di proses apabila ada pihak lain yang mencuri ide / kreatifitas sebuah kreator video.

d)     Skype, adalah aplikasi atau software gratis yang memungkinkan anda berkomunikasi dengan orang lain secara langsung dengan gratis. Tidak hanya sekedar berkomunikasi, fitur dari Skype sendiri adalah dapat menampilkan pengguna yang satu dengan yang lainnya dengan media kamera internal maupun eksternal, yang nantinya akan di transfer menjadi sebuah video langsung ketika berkomunikasi.

3.   Client Server : Merupakan sebuah teknologi jaringan computer yang pada prosesnya memiliki satu buah computer sebagai server dan computer lainnya sebagai klient. Pedanya dengan jaringan pear to perar dengan client server adalah yang dapat bertugas sebagai penyedia data, pemrosesan data, dan menerima permintaan adalah server sedangkan client hanyalah sebagai peminta informasi saja.

Contoh prosesnya adalah system KRS (Kartu Rencana Studi) mahasiswa, yang informasi semua mahasiswa berada pada server sedangkan yang lainnya hanya sebagai client yang meminta informasi tentang data mahasiswa.

Peer-to-peer Merupakan sebuah teknologi jaringan computer yang setiap computer dapat berkomunukasi satu sama lain baik sebagai penerima maupun peminta sebuah informasi dan perintah sebagai sarana untuk penyebaran layanan telematika.

Contoh prosesnya adalah jaringan komputer LAN (Local Area Network). Minimal jumlah komputer pada jaringan ini adalah 2 komputer. Biasanya LAN ini digunakan pada warnet (warung internet) maupun perkantoran untuk menghubungkan beberapa komputer kepada komputer yang lain, bahkan server.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisa PT Aqua Golden Missisippi Tbk

PT Media Nusantara Citra Tbk (MNC)

Menyimpan Harta dan Kesehatan Kepada Sebuah Perusahaan