Analisa Diksi dan Ejaan Pada Paragraf

Gara-gara Kereta Api Cepat Jokowi



            Libur lagi...libur lagi! Serasa bulan februari kemarin sudah 1 minggu liburan, sekarang maret 2 minggu. Itulah anak-anak sekolah di Jerman sini. Jika dihitung setahunnya sekitar 14 minggu. Salah satu yang bikin repot orang tua karena sebagai pekerja biasanya hanya memiliki waktu libur 6 minggu pertahunnya.
            Sejak 1,5 bulan sebelumnya saya pun sudah mengajukan mau ambil libur satu minggu, namun belum juga dapat jawaban dari Boss di tempat kerja. Berhubung banyak barengan yang mau libur, agak sulit mendapatkannya. Baru jumat kemarin ada amplop berisi pemberitahuan dan diberi ijin tapi cuma 3 hari saja. Sebenarnya tanggung juga karena hanya masuk kerja 1 hari, kamis, dan jumatnya serta senin tanggal merah menyambut perayaan Paskah. Yo wis rapopo.

            Sabtu sorenya ngobrol dengan anak-anak menanyakan pingin kemana liburan kali ini. Mereka bilang serempak menjawab mau ke Berlin karena tahun lalu gagal akibat cuaca yang tidak memungkinkan. Sebagai orang tua yang baik hati dan tidak sombong, permintaan mereka pun kami turuti dan memutuskan berangkat naik kereta api cepat ICE (Intercity Express). Malam itu juga mencari tiket serta penginapan. Persiapan secara spontan sambil mengemas barang-barang di koper dan bekal di perjalanan. Minggu pagi jam 5 harus sudah bangun untuk menuju ke stasiun karena kereta berangkat jam 7 pagi.
            Tiket kereta lumayan murah sekitar 110€/orang pergi pulang ini sebenarnya bisa didapat harga separonya jika dipesan jauh hari sebelumnya dengan sistem paket hemat, tapi berhubung mendadak maka harus bayar penuh. Untungnya saja untuk anak-anak tidak dipungut biaya aka gratis. Lumayan ngirit.
           
            Suasana dalam kereta layaknya seperti di pesawat terbang. Hanya saja memiliki tempat duduk relatif lebih besar dan nyaman, serta ada meja didepannya. Meja yang bisa digunakan untuk makan minum maupun bermain kartu. Tidak ketinggalan board restauran juga tersedia. Menu yang dijual makanan cepat saji dan beberapa jenis minuman. Toilet relatif ukurannya kecil tapi cukup bersih.
            Anak-anak pun begitu antusias membayangkan kereta yang akan melaju dengan cepat, tidak seperti kereta api regional biasanya. Namun sedikit mengalami kekecewaan karena tidak seperti yang mereka pikirkan sebelumnya, kereta tidak selalu berjalan cepat, tapi hanya pada lintasan tertentu saja bisa mencapai kecepatan 230 km/jam. Jenis ICE ini memang berbeda-beda, yang tercepat bisa sampai 330 kmh. Biasanya yang mencapai maksimal batas kecepatan ini hanya yang dipakai untuk tujuan antar negara.

 Sumber : http://www.kompasiana.com/lovelydarsem/gara-gara-kereta-api-cepat-jokowi_56f3957a307a61c6075e394a , 25 Maret 2016.

Tugas I Bahasa Indonesia II
Oleh : Saifuddin Rahman (18113197) 3KA25

Beberapa Tabel Kesalahan dan Perbaikan :

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisa PT Aqua Golden Missisippi Tbk

PT Media Nusantara Citra Tbk (MNC)

Menyimpan Harta dan Kesehatan Kepada Sebuah Perusahaan